TUTORIAL
HACK MODEL For Beginner Only
Segala
nama-nama yang ada disini hanyalah CONTOH belaka.
A. Penjelasan Hack Skin
Hack skin adalah suatu keadaan dimana kita
MEMODIFIKASI (menambahkan aksesoris misal ; scope, silencer, dll) model senjata
yang telah ada/original. Tapi untuk saat ini, ada berbagai jenis Hack model (
tidak hanya menambahkan aksesoris saja ), contohnya ; mengganti model/senjata
ke hands lain/anims lain.
- Pada intinya
cara yang digunakan sama. Tetapi saya disini memberikan tutorial dengan contoh.
Jadi kalau Anda mengerjakan model yang lain, pergunakanlah caranya, bukan
nama-nama yang ada didalam tulisan ini.
B. Alat (Software) yang Diperlukan
- Milkshape 1.8.4 atau versi lain (
HARUS DAH REGISTERED/CRACKED )
- Jed’s HLMV + plugins : mdldec
& studiomdl
- 2 folder atau lebih ( biar gampang
taro di desktop aja )
- Model yg ingin di hack ( original
)
- Model yg ingin diambil aksesorisnya.
Download JHLMV+Plugin+Milkshape:
Contoh : Misalnya kamu
nemu senjata AK-47 yang ada scope “ACOG” nya. Terus kamu mau tambahin scope ke
senjata UMP45 yg belum ada apa-apanya. Nah, yang dimaksud model yg ingin
diambil aksesorisnya adalah AK-47 itu. Karena kamu mau ngambil scope-nya kan? [ File contoh tutorial ]
INI CONTOH ACOG SCOPE
Oke, sebagai contoh saya akan
menambahkan scope diatas ke senjata UMP45.
Kita mulai saja….
LANGKAH PERTAMA ( Menggunakan Jed’s HLMV )
- Masukan/copy
kedua model (AK-47{yg digambar}, dan original UMP45 yg UMP45 di folder 1, dan
yg AK di folder 2.
- Decompile
kedua model tersebut menggunakan Jed’s HLMV (kalo ga tau ada di Tools >
Decompile Model… > kemudian pilih kedua model tersebut.
LANJUT…
- Kalo
sudah, folder 1 dan 2 akan terisi dengan file ber-eksistensi .smd, .bmp, dan .qc.
- > File .smd adalah file yang merupakan format dari Half Life
model yang support oleh Milkshape. Isinya ada rangka senjata dan animasi. Ada 2
macam tipe .smd, jika yang bertulisan misal : shoot_1.smd, draw.smd,
reload.smd, < FILE SMD INI MERUPAKAN ANIMASI DARI SENJATA ITU. Tapi jika tulisannya misal : hands.smd, dll… < FILE SMD INI MERUPAKAN REFERENCE ATAU BAGIAN GEOMETRY 3D
DARI SENJATA.
- > File .bmp merupakan TEXTURE dari
rangka model tersebut. Texture adalah lapisan terluar model yang berupa gambar
yang diatur dengan UV map sehingga membentuk suatu susunan gambar 3D yang
menyelimuti model 3D tersebut.
- > File .qc adalah dasar dari model. Umpamanya kalo ingin
membuat rumah harus ada pondasi-nya, kalo mau buat model harus ada .qc nya,
Jadi semua isi dari 1 model ditentukan oleh file .qc tersebut. File .qc inilah
yang nantinya dipakai untuk meng-compile model.
KALO UDAH, LANJUT KE TAHAP
BERIKUTNYA….
LANGKAH KEDUA ( Menggunakan Milkshape 1.8.4 )
1.
Buka Milkshape dan masuk folder 2,
kemudian import .smd reference senjata yang ingin diambil aksesorisnya ( misal
: body1.smd ) . File > Import… > Half-Life SMD… ( nb : misal anda ragu
untuk menentukan yang mana file .smd yang ada aksesorisnya, cobalah anda import
1 per 1 file .smd yang ada didalam folder. ) Misalkan sudah ketemu tapi masih
ada bagian senjata yang tidak terpakai, maka lihat di bagian Groups, klik salah
satu bagian dan lihat apakah yang berwarna merah adalah bagian yang tidak
terpakai. Jika memang betul, klik Delete.
Dan hasilnya akan seperti ini.
2.
Lalu klik File > Export… >
Half-Life SMD dan centang bagian Reference lalu OK. ( export kedalam folder
tempat senjata original/folder 1 {UMP45} ).
3.
Kemudian masuklah ke folder 2 lalu
copy texture dari aksesoris tersebut (misal : acog.bmp) dan paste di folder 1.
4.
Klik File > New, dan akan ada
jendela pertanyaan pilih “No”.
5.
Kalu import semua .smd reference
dari senjata original ( UMP45 ) dan juga .smd pertama yang tadi di export (
scope.smd ).
6.
Dan tampilannya akan seperti ini :
7.
Pilih bagian aksesoris senjata pada
tab Groups hingga berwarna merah, kemudian pindah ke tab Model. Klik bagian
“Move” lalu pindahkan posisi aksesori ( scope ) tadi hingga pas pada atas
senjata aslinya. Jika kamu rasa ukuran aksesori terlalu
besar/kecil/pendek/panjang, bisa diatur pada pilihan “Scale”.
8.
Kemudian assign bagian aksesoris ke
rangka/bone (garis-garis banyak berwarna biru). Caranya, pilih tab “Joints” (
pastikan centang “Show skeleton” ) lalu coba pilih rangka yang menunjukkan
pergelangan tangan yang MEMEGANG GRIP UTAMA ( kalo UMP45 ini “bone25” ).
Kemudian pilih lagi bagian senjata pada tab Groups agar bagian aksesoris
berwarna merah kembali. Setelah itu, balik lagi pada tab Joints dan klik
“Assign”.
- LIHAT GAMBAR DI BAWAH INI !!! -
> INI SUDAH DI ASSIGN <
9.
Untuk mengetahui bahwa aksesoris
yang kita pasang sudah nempel pada body senjata, kita test dengan cara Import
animasi. Sebagai contoh animasi reload.smd. Ketika meng-import animasi ketika
ada pertanyaan pilih “No” saja. Lalu klik tulisan “Anim” di pojok kanan bawah,
dan klik tanda “ > “
> TERNYATA NEMPEL GAN! <
10.
Setelah sudah mengetahui bahwa
aksesoris yang kita pasang sudah nempel, barulah kemudian kita meng-Export LAGI bagian aksesoris tersebut. Caranya : Pilih tab Groups >
hapus bagian senjata yang lain ( sisakan hanya bagian aksesoris saja ) > kemudian
klik File > Export > Half-Life SMD… dan timpakan ke .smd yang sebelumnya. NB : Jika kira-kira jumlah vertices belum mencapai 2000
vertices, bisa juga digabung dengan bagian senjata yang lainnya ( misal : body
), supaya tidak usah merubah-rubah .qc file lagi. Tapi jika sudah melebihi 2000
vertices, lebih baik dipisahkan saja. Karena akan menyebabkan Error pada
compiler HLMV. [ too many vertices in … .smd ].
11.
Sekarang mengatur .qc file… masih tetap di Milkshape, klik Tools > Half-Life
> Edit QC File… dan pilih file .qc milik model original ( UMP45 ) dan buka.
12.
Di bagian //reference mesh(es) paling bawah tambahkan 1 lagi
kalimat seperti diatasnya (diberi 1 spasi kebawah), tetapi kata yang di dalam
tanda kutip diganti dengan nama file .smd dari aksesoris yang telah di export
tadi. (misal : scope) tapi ingat! NAMANYA SAJA TIDAK USAH PAKAI .smd. Kemudian SAVE atau CTRL+S.
LANGKAH AKHIR ( Menggunakan Jed’s HLMV )
- Buka
Jed’s HLMV, klik Tools > Compile Model… dan buka file .qc dari senjata
original ( folder 1 ). Klik OPEN. Dan kemudian dia akan memproses model menjadi
1 file yaitu .mdl.
> HASIL AKHIR <
Nb: hasil
compile model ada di dalam folder senjata original (folder 1)
Download Video Tutorial Hack Models Colaboration - By Ubay Vengeance:
Posted by 03.11 and have
2
komentar
, Published at
kalau p90 apa bone?
BalasHapusMin Min klo ga ada file SMD nya?
BalasHapus